ekonomi perbankan daud kalla

Rabu, 15 April 2015

studi kelayakan bisnis (aspek Pasar)



ASPEK PASAR

            Tujuan Analisis

            Dalam studi kelayakan bisnis, analisis aspek pasar bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah bisnis “Permen Honey” tersebut layak dijalankan atau tidak, jika ditinjau dari aspek pasarnya.

            Situasi Pemasaran yang Dihadapi

                        Berdasarkan pengamatan mengenai situasi kondisi pasar di daerah Surabaya dan sekitarnya (Sidoarjo dan Gresik) masih belum ada yang memprodoksi madu sebagai permen. Tidak menutup kemungkinan produk ini dapat dipasarkan ke anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Yang dimana sebagian besar mereka masih suka mengosumsi madu. Maka dari itu munculah ide bisnis “Permen Honey” yang diperkirakan akan memiliki peluang yang cukup besar dikarenakan dilihat dari kondisi madu baik dikonsumsi dan bisa buat kesehatan segala umur. Produk ini memiliki bahan baku utama madu.
Semakin lama permintaan konsumen “Permen Honey” ini tentunya mulai meningkat karena khasiat madu sangat baik untuk segala umur yang senang dengan manisnya madu dan baik buat keshatan.
                        Biasanya orang-orang sering mengkonsumsi permen ketika akan mengobrol agar bau mulut mereka menjadi wangi, apalagi ketika sesudah makan terutama makan-makanan yang berbau menyengat seperti sate kambing,nasi goring dll.

Kelompok Umur
Total
15-19
231.539
20-24
308.839
25-29
308.982
30-34
244.100

            Sumber Source : (Sensus penduduk Kota Surabaya), SUPAS (Sensus Penduduk            Antar Sensus) 2012
           
           
Kelompok umur
Jumlah
15-19
95.976
20-24
9.001
25-29
109.471
30-34
107.947
           
            Sumber Source : Badan pusat statistika kabupaten Gresik sensus penduduk      2011

Kelompok umur
Jumlah
15-19
19.796.921
20-24
19.445.179
25-29
18.680.093
30-34
17.420.029

Sumber Source : (Sensus penduduk Kota Sidorjo), SUPAS (Sensus Penduduk     Antar Sensus) 2013

           

            Bisnis permen honey untuk saat ini terus meningkat seiring dengan meningkat nya           konsumen. Pesaing-pesaing yang dihadapi saat ini adalah para industry permen yang             terbuat buah-buahan.
           
            Adapun rincian biaya untuk survey pasar permintaan dan penawaran yang dilakukan,     adalah sebagai berikut:

            Biaya survey

Bensin

Rp 15.000

Konsumsi

Rp 20.000

Biaya Print Kuisioner (75X 3 lembar X Rp 100)

Rp 22.500

Total

Rp 57.500

 

 

Perkembangan Permintaan dan Penawaran

Target pasar yang kami fokuskan adalah segala umur karena mengonsumsi madu baik juga untuk kesehatan. Walaupun ide bisnis ini  masih baru baru dipasaran, tetapi kami disini memberikan sentuhan inovasi  pada bungkus permen dan rasa permen yang mint dan manis contoh : jika permintaan pelanggan yang mengalami sakit batuk bisa mengkonsumsi “permen honey” yang mint.
   Dalam memenuhi permintaan dan penawaran konsumen untuk memproduksi      “PERMEN HONEY”. Berdasarkan hal tersebut maka perkembangan permintaan     permen honey mempunyai prospek yang bagus.

Permintaan banyaknya pack permen honey selama satu bulan
PERMEN HONEY
           
Pack
Surabaya
Sidoarjo
Gresik
Jumlah
50
19
11
4
34
50
5
14
10
29
≥ 50
1
0
11
12
                  Sumber data diolah

           

            Data diatas merupakan data permintaaan permen honey yang diambil dari 75     responden yang berlokasi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik. Data tersebut menunjukkan            permintaan permen honey yang akan digunakan oleh calon pembeli permen honey.             Produk permen honey ini memilliki peluang yang cukup tinggi. Jika dilihat dari data             tabel diatas, para calon pembeli ini memerlukan kurang lebih 41 pack dalam satu           bulan.


Permintaan Harga Yang Diinginkan
PERMEN HONEY
Harga
Surabaya
Sidoarjo
Gresik
Jumlah
Rp 5.000
2
2
4
8
Rp 8.000
21
23
20
64
Rp 10.000
2
-
1
3
Sumber data diolah

Data diatas menunjukkan data harga yang diinginkan oleh calon pembeli permen honey. Jika dlihat dari data tersebut responden terbanyak memilih permen honey dengan harga yang normal yaitu pada harga Rp 8.000. Disini menunjukkan bahwa calon pembeli sanggup untuk membeli permen honey dengan harga tersebut karena dirasa permen honey ini sangatlah penting untuk kesehatan. Dengan sebuah tanggung jawab besar dari kami kepada calon pembeli yang yakin pada produk ini, agar dapat menjadikan alternative bagi penggemar madu.

Untuk mengetahui apakah pasar permen honey tersebut masih potensial untuk masa yang akan datang diperlukan adanya forecasting (peramalan) terhadap permintaan di masa depan selama 10 tahun mendatang yaitu mulai tahun 2015 sampai pada tahun 2024 dengan tetap mempertimbangkan tahun sebelumnya (2014). Data Forecast adalah sebagai berikut ini:


Perhitungan Forecast Permintaan

Setelah kami menyebar kuesioner yang diisi oleh 75 responden, kami mendapat informasi bahwa produk kami disambut baik oleh para calon pembeli  hal tersebut kami simpulkan berdasarkan pertanyaan pada kuesioner kami pada poin ke 10, “Tertarik  mengkonsumsi permen honey untuk 41 responden dari 75 responden menyatakan sangat setuju.

Berdasarkan kuesioner yang kami sebar, 41 dari 75 responden yang tertarik menggunakan permen hony, menyatakan menginginkan permen hony sebanyak 41 pack dalam satu bulan, dengan harga Rp 8,000 / pack sehingga permintaan dalam 1 tahun adalah sebagai berikut :
Dalam 1 bulan, 41 pack x 41 =1.681  pack / bulan
Atau    
1.681+300= 1.981 dimana dalam setahun = 23.772 pack / tahun

Kemudian dilakukan forecast permintaan untuk 10 tahun kedepan dengan menggunakan market share. Pada keadaan produk kami yang masih baru di Surabaya,Sidoarjo dan Gersik dan tidak ada pesaing, maka kami menentukan market share sebesar
10% setiap 2 tahun dan bertambah 1% setiap dua tahun setelahnya



7.1.2        Market share
Market share atau Pangsa pasar merupakan bagian pasar yang dapat diraih oleh perusahaan. Pangsa pasar menjadi salah satu indikator meningkatnya kinerja pemasaran suatu perusahaan.
Tahun
Permintaan
Market share (%)
Perkiraan penjualan
2015
23.772
10%
2377.2
2016
26149
10%
2615
2017
28764
11%
3165
2018
31928
11%
35093
2019
67021
12%
8043
2020
75064
12%
9008
2021
84072
13%
10929
2022
95001
13%
12350
2023
107351
14%
15029
2024
122380
14%
17133

            Target pasar


            Geografis          :           Surabaya dan sekitarnya (Gresik dan Sidoarja)
Demografis       :           Semua kalangan usia (di atas balita)
Psikografis        :           untuk masyarakat yang menyukai mengkonsumsi madu.


A.     Targeting
      Masyarakat yang dimulai dari usia 5 tahun ke atas hinga dewasa yang menyukai mengkonsumsi madu. Dan target kami ke seluruh masyarakat dari remaja maupun dewasa yang ingin mengkonsumsi permen bervitamin dari pada produk-produk permen lainnya.
B.     Positioning
      Dengan slogan “healthy with honey candy”, yang dalam bahasa Indonesia berarti sehat dengan permen madu.
Jadi tidak perlu khawatir apabila malas mengkonsumsi madu dengan bentuk cair, karena dengan ada nya permen honey akan memudahkan para penggemar madu untuk mengkonsumsi madu.

            Strategi pemasaran dan bauran pemasaran

                        Analisis program pemasaran yang terangkum dalam 4P (produk, price, place,    promosi) akan memberikan gambaran tentang strategi yang akan digunakan dalam   usaha permen honey. Tetapi perlu diketahui untuk menetapkan segmen pasar yang        dituju berdasarkan pada industri yang akan dituju untuk membeli produk kami. Berdasarkan segmen pasar yang akan dituju diatas kemudian seterusnya akan            ditentukan target pasar permen honey.
            Target pasar usaha permen honey ini adalah masyarakat di kota Surabaya dan   sekitarnya. Setelah target pasar lebih diketahui maka analisis program pemasaran       dilanjutkan padamarketing mix yang terdiri dari produk, promotion, place, price.

            Product
            Pada tahun pertama peluncuran produk yaitu permen honey. Kami akan terus    memantau perkembangan selama 1-10 tahun kedepan yaitu dari jangka waktu tahun            2016-2025.

            Merek
            Produk permen kami bermerk ”honey”  dengan alas an sebagai pemberian informasi      gambaran umum, dari produk yang telah kami buat, dan dengan dasar kesimpelan       nama merk dan mudah diingat karena arti dan katanya agar konsumen lebih cepat    mengenal produk kami.
            Produk permen ini kami beri merk “honey”

            Motto
            “HEALTHY WITH CANDY HONEY”
            Dengan slogan “healthy with candy honey” yang dalam bahasa Indonesia berarti        sehat dengan permen madu
            Jadi tidak perlu khawatir lagi bagi penggemar madu, dengan mengkonsumsi permen       honey akan memudahkan anda untuk mengkonsumsi madu dengan mudah.
Kemasan Produk
Produk kami ini dikemas dalam plastik yang diberi beberapa tulisan tentang logo, merek produk, alamat lokasi produk, nomer telepon dan informasi tempat pemesanan.
Contoh Kemasan Produk (Ilustrasi)
Gambar

Promotion
a.    Pada awal tahun pertama kami menggunakan media dari mulut ke mulut lalu brosur sebagai sarana promosi untuk awal mula pengenalan produk
b.    Lalu apabila usaha mulai berjalan secara perlahan, awal tahun sampai 10 tahun mendatang kami juga menggunakan media internet seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Blackberry Messenger. Dengan menggunakan media sosial kami dapat mempromosikan produk Permen Honey ini.



Tabel 7.1.3.4 Anggaran Promosi
Tahun 2015-2019
Program
2015
2016
2017
2018
2019
Word of Mouth
-
-
-
-
-
Brosur
50.000
60.000
70.000
80.000
90.000
Internet (Social Media)
200.000
210.000
220.000
230.000
250.000
Total Biaya Promosi per tahun
250.000
270.000
290.000
310.000
340.000

Tabel 7.1.6.2  Anggaran Promosi
Tahun 2020-2024
Program
2020
2021
2022
2023
2024
Word of Mouth
-
-
-
-
-
Brosur
100.000
110.000
120.000
130.000
140.000
Internet (Social Media)
260.000
270.000
280.000
300.000
320.000
Total Biaya Promosi per tahun
360.000
380.000
400.000
430.000
460.000


Place
a.       Tempat proses produksi, pengemasan, serta penyimpanan bahan baku serta produk permen honey yang sudah siap distribusikan semua masih di simpan dan di proses di rumah (home industri).
b.       Strategi penentuan lokasi produksi dan pemasaran berada di Sidoarjo,Kec Sukodono, Tempat tersebut kami pilih menjadi tempat usaha karena target market produk kami berada didaerah tersebut dan sumber bahan dari produk kami juga dekat dengan lokasi ini.
Price 
a.       Harga yang ditawarkan pada produk permen honey ini menggunakan metode berdasarkan harga pesaing yaitu solusimu sebesar Rp. 8.000 per pack. Harga ini untuk 10 tahun mendatang dengan asumsi kenaikan harga penjualan sebesar Rp 1.000 setiap tahunnya.

Tabel 7.1.3.7 PROYEKSI HARGA
PERMEN HONEY
Tahun
Harga per pack (Rp)
2015
8.000
2016
9.000
2017
10.000
2018
11.000
2019
12.000
2020
13.000
2021
14.000
2022
15.000
2023
16.000
2024
17.000
                                      Sumber Data Diolah
1 Pack berisi 50’S permen honey.

Perkiraan Pendapatan Penjualan

Besarnya perkiraan pendapatan penjualan yang akan diperoleh setiap tahun selama umur proyek diperoleh dengan mengalikan antara harga jual dengan volume yang diproduksi.
Besarnya harga jual dari setiap tahunnya mengikuti perkembangan inflasi dan target laba sedangkan besarnya volume produksi yang akan dipergunakan dalam menghitung perkiraan pendapatan penjualan diambil dari target produksi setiap tahun yang telah ditetapkan. Berikut adalah hasil dari perhitungan perkiraan pendapatan penjualan selama umur proyek.











Tabel 7.1.3.8
TABEL PERKIRAAN PENDAPATAN PENJUALAN

Tahun
Volume Produksi
Harga per pack (Rp)
Pendapatan Penjualan (Rp)
2015
23.772
8.000
Rp 190.176.000
2016
26149
9.000
Rp 235.341.000
2017
28764
10.000
Rp 287.640.000
2018
31928
11.000
Rp 351.208.000
2019
67021
12.000
Rp 804.252.000
2020
75064
13.000
Rp 975.832.000
2021
84072
14.000
Rp 1.177.008.000
2022
95001
15.000
Rp 1.425.015.000
2023
107351
16.000
Rp 1.717.616.000
2024
122380
17.000
Rp 2.080.460.000
 
7.1.3        Analisis dan Pembahasan

7.1.4        Kesimpulan Aspek Pasar

Berdasarkan analisis yang dilakukan diatas mengenai persaingan di pasar dan situasi pasar saat ini, adanya peluang pasar yang cukup baik serta permintaan dan penawaran Bisnis Permen Honey di masa yang akan datang diharapkan akan terus meningkat, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan memiliki peluang untuk memasuki pasar dan layak untuk di jalankan ditinjau dari aspek pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar